Es Krim Sahlab Buatan Sendiri

Ketika seseorang memikirkan makanan penutup Timur Tengah, es krim bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Buza al-halib (es krim Sahlab) alias buza bi mistiki (es krim damar wangi) hanyalah salah satu dari banyak es makanan penutup yang tersedia di seluruh wilayah ini. Buza al-halib adalah es krim putih bersalju yang dikentalkan dengan sahlab, bubuk akar anggrek dan dibumbui dengan damar wangi, jangan disamakan dengan gum arabic, resin yang diambil dari pohon lentisk yang berasal dari Mediterania.

Damar wangi membuat es krim ini memiliki konsistensi yang halus, elastis, sekaligus kenyal. Mastik biasanya tersedia dari pedagang timur tengah atau Anda jika tidak menemukannya, Anda bisa mencoba menggantinya dengan tepung maizena. Damar wangi terlihat seperti gumpalan kecil seperti kristal yang keras dan tembus cahaya yang harus digiling menjadi bubuk halus sebelum resep untuk hidangan penutup es arab otentik ini, buza al-halib, jika Anda tidak dapat menemukan damar wangi, jangan khawatir, esnya. krim rasanya sama enaknya tanpanya.
Hasil: 6-8 Porsi
Bahan:
3 sdm. sahlab atau tepung jagung
5 c susu murni
1 cangkir gula
sepotong kecil damar wangi, ukuran setengah kuku, ditumbuk sampai menjadi bubuk (opsional)
1 sendok teh. air mawar
pistachio cincang, untuk hiasan (opsional)
1. Dalam mangkuk kecil, campur sahlab dengan sedikit susu untuk membuat sisa susu dengan gula dalam panci mendidih dan didihkan, aduk terus sampai gula larut.
2. Kurangi panas. Tambahkan campuran sahlab / susu ke dalam susu hangat, aduk damar wangi dan lanjutkan mengaduk kuat-kuat hingga larut.
3. Rebus susu selama 15 menit lagi, aduk air mawar. Angkat panci dari api.
4. Tuang campuran susu ke dalam mangkuk keramik dan biarkan dingin sebelum dibekukan. Bekukan selama 4 1/2 -5 jam, aduk setiap 30 menit untuk memecah kristal es. *
5. Saat siap untuk disajikan, sendokkan ke dalam mangkuk saji dan taburi dengan pistachio cincang, jika diinginkan.
* Tuang campuran sahlab / susu ke dalam mesin es krim dan bekukan sesuai petunjuk pabrik.Kuliner enak Kota Malang

READ  Case Study: My Experience With Painters